Senin, 25 April 2011

Pengangguran di Indonesia

Pengertian Pengangguran

   Pengangguran adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang mampu menyerapnya.

Ketiadaan pendapatan menyebabkan penganggur harus mengurangi pengeluaran konsumsinya, hal ini menyebabkan turunnya tingkat kemakmuran dan kesejahteraan. Pengangguran yang berkepanjangan dapat menimbulkan efek psikologis yang buruk terhadap penganggur dan keluarganya. Akibat jangka panjang adalah menurunnya GNP dan pendapatan per kapita suatu negara.

 Dampak Pengangguran di Indonesia

   Secara umum dampak pengangguran bagi perekonomian Indonesia :
  1.   Beban bagi masyarakat sekitarnya, otomatis pendapatan masyarakat disekitarnya harus mau berbagi pendapatan dengan yang menganggur. Dan ini juga kalau terakulmulasi akan menjadi beban negara.
  2.   Tingkat belanja menurun.
  3.   Tingkat produksi barang menurun.
  4.   Phsikologi orang pengangguran kalau mentalnya buruk akan berperilaku negatif, mencuri misalnya untuk memenuhi kebutuhan ekonominya. Sedangkan kalau mentalnya baik akan mencari dan tetap berusaha memperbaikinya, baik secara internal maupun eksternal.
  5.   Kegiatan ekonomi menurun, pesimis memandang masa depan.

Usaha Untuk Mengatasi Pengangguran di Indonesia

   Usaha-usaha untuk mengatasi pengangguran :
  1.  Memperluas/memperbanyak lapangan pekerjaan dan kesempatan berusaha disektor usaha UKM
  2.   Industri dan usaha rakyat pada umumnya yang menyerap tenaga kerja besar, wajib diberi kemudahan untuk memperlancar usahanya.
  3.   Kerja sama dengan Kementerian, BUMN/BUMD, Pemerintah Daerah untuk membuka lebih banyak lapangan pekerjaan.
  4.   Komersialisasi olahraga agar dapat dijadikan pegangan hidup oleh para atlet sebagai lapangan kerjanya.
  5.   Instansi terkait harus bisa menpunyai kreativitas tinggi, serta menciptakan tenaga kerja siap pakai dengan profesionalisme tinggi.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar