Rabu, 07 November 2012

Label Parfum Berdasarkan Istilahnya

     Ketika kita membeli parfum, sering kali tercantum label 'perfume', 'eau de pafrum', 'eau de toillette', atau 'body splash' pada botol parfum. Label-label tersebut ternyata berhubungan dengan kadar konsentrat parfum. Semakin tinggi tingkat konsentratnya, maka semakin lama wewangian tersebut bertahan, dan semakin mahal harganya.

Perfume
Diantara semua jenis parfum, label 'perfume' adalah jenis paling bagus dan paling mahal diantara semua produk wewangian lain. 'Perfume' juga dikenal dengan 'extract' atau 'extrait perfume' yang mengandung konsentrat antara 15% sampai 40%.
Parfum dengan label 'perfume' tidak perlu digunakan terlalu banyak, cukup oleskan di nadi tangan dan belakang telinga karena wewangian dengan jenis ini wanginya sudah bisa tercium dari jarak jauh dan awet sekitar 6 - 8 jam.
Jangan menyemprotkan parfum berlabel 'perfume' ke baju karena teksturnya yang berminyak dapat meninggalkan noda.

Eau De Parfum
Jenis parfum lainnya adalah 'eau de parfum'. Parfum dengan label 'eau de parfum' mengandung konsentrat 7% sampai 15%, sehingga dapat bertahan cukup lama, sampai setengah hari dengan harga dibawah parfum berlabel 'perfume'.

Eau De Toillette
Label parfum lainnya adalah 'eau de toillette'. Parfum ini beraroma lebih ringan karena kadar konsetratnya hanya sekitar 1% sampai 6%. Parfum berlabel 'eau de toillette' dapat bertahan 2 - 4 jam.
Harganya yang terjangkau bila dibandingan dengan 'perfume' atau 'eau de parfum' membuat parfum dengan label ini cocok digunakan saat momen-momen santai, seperti pergi bersama teman.

Eau De Cologne
"Eau de cologne' sering disamakan dengan 'eau de toillette', namun sebenarnya merupakan produk yang berbeda. Produk ini awalnya adalah kombinasi antara wewangian dengan citrus oil, yang dulunya diunakan oleh Napoleon. Versi modern dari ;eau de cologne' ini, kini dikenal dengan 'eau fraiche'.
'Eau de cologne' cocok digunakan di bagian tubuh, untuk menyegarkan dan memberikan aroma harum setelah mandi.

Body Splash
Body Splash memiliki kadar konsentrat  terendah di antara parfum lainnya. Wanginya tidak bertahan lama dan cepat menguap, karena kadar alkoholnya tinggi. Harganya pun paling terjangkau di antara produk lainnya.

     Semua produk parfum mengandung alkohol. Semakin tinggi konsentrat parfum, semakin sedikit kadar alkoholnya. Fungsi alkohol disini untuk membantu menyebarkan aroma parfum agar tercium oleh orang-orang di sekitar Anda karena sifatnya yang menguap.
     Selain itu, walaupun kadar konsentarat parfum mempengaruhi berapa lama wewangian dapat bertahan pada tubuh Anda, kondisi kulit juga memiliki peranan yang tidak kalah penting. Misalnya, mereka yang memiliki kulit kering, wangi parfum akan lebih cepat berkurang dibanding mereka yang memiliki kondisi kulit berminyak. Kadar PH (tingkat keasaman) seseorang, juga mempengaruhi interaksi antara kulit dan parfum.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar